Tuesday, July 3, 2012

Teori Komunikasi: Teori Komunikasi Kelompok Fungsional (Functional Group Communication Theory)


Tokoh Pemikir

John Dewey (Amerika, 20 Oktober 1859-1 Juni 1952)
Robert Bales
Irving Lester Janis (California, 26 Mei 1918-15 November 1990)
Stohl dan Holmes
Gouran dan Hirokawa

Buah Pemikiran

Selama awal abad ke-20, John Dewey mengembangkan metode untuk menggambarkan proses bahwa seseorang harus melalui saat mereka bekerja pada pemecahan masalah. Pada tahun 1910, pada bukunya, Bagaimana Kita Pikirkan, Dewey mengemukakan bahwa proses berpikir reflektif melibatkan lima langkah: (1) kesulitan dalam merasa, (2) lokasi dan definisi, (3) usulan kemungkinan solusi, (4) pengembangan penalaran dan konsekuensi dari solusi, dan (5) pengamatan lebih lanjut dari percobaan yang mengarah pada penerimaan atau penolakan.
Pengaruh kedua pada pengembangan teori ini adalah karya Robert Bales. Bales dan rekan-rekannya bekerja pada kemampuan anggota kelompok untuk menangani empat masalah fungsional: adaptasi, kontrol instrumental, ekspresi, dan integrasi. Adaptasi dan kontrol instrumen berhubungan dengan pengelolaan pembuatan keputusan, sedangkan ekspresi dan integrasi berkaitan dengan manajemen pengelolaan hubungan. Kelompok berusaha untuk menjaga keseimbangan dalam kedua masalah ini dan komunikasi kelompok merupakan sarana utama mempertahankan keseimbangan itu.
Pengaruh ketiga pada pengembangan teori fungsional dari pengambilan keputusan yang efektif adalah karya Irving Janis pada pengambilan keputusan yang hati-hati. Kelompok ini melakukan (a) survei kemungkinan alternatif solusi, (b) survei tujuan yang akan dicapai, (c) memeriksa risiko dan manfaat yang terkait dengan alternatif, (d) melakukan pencarian informasi, (e) memproses informasi, (f) mengira-ngira alternatif risiko dan manfaatnya sebelum membuat pilihan akhir, dan (g) menyusun rencana untuk menerapkan pilihan yang diinginkan bersama.
Di ketiga pengaruh tersebut, sifat fungsional komunikasi adalah fokus, dengan kata lain, komunikasi adalah tujuan untuk mencapai beberapa tujuan. Dalam metode pemikiran reflektif Dewey, komunikasi adalah fungsional karena bila diterapkan pada diskusi kelompok memungkinkan kelompok untuk mencapai resolusi efektif dari masalah. Dalam pendapat Bales, komunikasi ada untuk mengaktifkan kelompok itu sendiri. Sedangkan, bagi Janis, komunikasi bersifat fungsional karena itu ada sarana untuk mencapai anggota kelompok agar memenuhi setiap karakteristik kewaspadaan.
Teori fungsional dari keputusan kelompok yang efektif bersandar pada asumsi bahwa efektivitas pengambilan keputusan tidak terpengaruh oleh produksi perilaku komunikatif tertentu, tetapi harus memenuhi suatu persyaratan. Persyaratan ini disebut oleh Gouran dan Hirokawa pada tahun 1983 sebagai syarat fungsional.

Untuk membuat keputusan yang efektif, kelompok tersebut harus melakukan hal-hal berikut ini:
  • Memahami masalah dengan berbagai pertimbangan.
  • Menentukan karakteristik agar suatu jawaban dapat diterima.
  • Menyusun berbagai alternatif yang realistis di antaranya jawaban yang telah diterima.
  • Kritis memeriksa setiap alternatif yang digunakan untuk menentukan jawaban.
  • Memilih alternatif yang terbaik sesuai dengan karakteristik dari suatu jawaban.


Stohl dan Holmes mengusulkan perpanjangan dengan menyarankan memahami masa lalu, kini, dan masa depan untuk memahami hubungan kelompok itu dengan lingkungannya.
Gouran dan Hirokawa juga mengajukan revisi dalam Buku Pengambilan Keputusan, Komunikasi dan Kelompok. Dalam identifikasi ini ada pengakuan akan pentingnya dimensi relasional kelompok dalam membuat keputusan yang efektif. Di antaranya adalah faktor-faktor afiliatif (kekhawatiran terhadap hubungan kelompok), kognitif (pengolahan informasi yang terhambat), dan egosentris (motivasi personal yang mendominasi). 

Perkembangan Teori

1900-an: John Dewey mengembangkan metode untuk menggambarkan proses bahwa seseorang harus melalui saat mereka bekerja pada pemecahan masalah.
1950-an: Robert Bales dan rekan-rekannya bekerja pada kemampuan anggota kelompok untuk menangani empat masalah fungsional: adaptasi, kontrol instrumental, ekspresi, dan integrasi.
1972: Pengembangan teori fungsional dari pengambilan keputusan yang efektif adalah karya Irving Janis pada pengambilan keputusan yang hati-hati.
1983: Gouran dan Hirokawa membuat syarat fungsional dalam komunikasi kelompok fungsional.
1993: Stohl dan Holmes mengusulkan perpanjangan dengan menyarankan memahami masa lalu, kini, dan masa depan untuk memahami hubungan kelompok itu dengan lingkungannya.
Setelah 1993-an: Gouran dan Hirokawa juga mengajukan revisi dalam Buku Pengambilan Keputusan, Komunikasi dan Kelompok.

Asumsi Dasar

Teori komunikasi kelompok fungsional merupakan perpaduan dan keseluruhan dari proposisi, asumsi, dan klaim-klaim yang menjelaskan bagaimana dan mengapa komunikasi berhubungan dengan kualitas pembuatan keputusan oleh kelompok. Teori ini berpengaruh dalam membimbing peneliti dan praktisi memandang bagaimana komunikasi mempengaruhi pengambilan keputusan kelompok.

Pengaplikasian Teori

Teori ini diaplikasikan dalam diskusi kelompok. Bagaimana kelompok membuat suatu keputusan dengan memerhatikan syarat-syarat tertentu agar dapat menghasilkan satu suara.


Referensi:
Littlejohn, Stephen W. II. Foss, Karen A. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. America: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

9 comments:

  1. Thanks kakak catatan komunikasinya,membantu buat nyelesein tugas
    Kakak boleh minta referensi buku tentang teori fungsional?

    ReplyDelete
  2. Halo, namanya "Encyclopedia of Communication Theory" karangan Stephen W. Littlejohn dan Karen A. Foss. Ternyata saya juga punya ebook-nya, mau?

    ReplyDelete
  3. mauuuuuuuu, boleh dikirimkan ebook-nya ke email ku desycut@yahoo.com

    makasi banyak kakak yg helpfully

    ReplyDelete
  4. kakak aku boleh minta ebooknya juga? buat tugas komunikasi kelompok. boleh tolong dikirim ke novitasarirahayu92@gmail.com. terima kasih kak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  5. bisa minta eebokny gak ...
    kebetulan buth buat skripsi,,
    klo boleh tolong di kirim ke ayie_kinamoto@ymail.com
    terima kasih
    ^_^

    ReplyDelete
  6. boleh minta ebook nya jugaaa gak? kalo boleh email ke shella_oslan2000@yahoo.com makasih kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan untuk tugas juga nih, saya kurang mengerti.. makasihh:)

      Delete
  7. Boleh minta e-book ny? Tolong di kirim ke jessiinest@gmail.com ya...makasih sebelum ny :)

    ReplyDelete
  8. mau ikut dikirim e-booknya juga boleh? ke aninnou@gmail.com untuk ngerjain bahan skripsi nih :D thanks before

    ReplyDelete